Penggunaan kamera webcam sebagai Mikroskop Digital pertama kali dikembangkan oleh Organisasi Hackteria (hackteria.org) yang bermarkas di Switzerland. Pada awalnya, DIY- Webcam Microscope merupakan sebuah proyek kesenian yang berfokus pada Biologi dan bersifat Open Source. Ide kreatif dalam menghack webcam itu sendiri berasal dari anggota Hackteria yang bernama Urs Gaudenz. Prinsip kerjanya sangat sederhana, yaitu dengan membalik lensa pada webcam yang mudah didapat di pasaran sehingga mendapatkan pembesaran yang cukup tinggi (±300-400X). Pada tahun 2009, Marc Dusseiller yang merupakan ketua organisasi Hackteria memberi sebuah workshop khusus mengenai penggunaan mikroskop webcam ini kepada para mahasiswa Jurusan Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pembalikan Lensa Webcam

Pembalikan Lensa Webcam

Penelitian dan pengembangan Mikroskop Webcam di Lab Mikrobiologi Pertanian, UGM dan Lifepatch.org (2010-2013)

Penelitian dan pengembangan Mikroskop Webcam di Lab Mikrobiologi Pertanian, UGM dan Lifepatch.org (2010-2013)

Pada tahun 2010, saya melanjutkan pengembangan mikroskop webcam di Laboratorium Mikrobiologi Pertanian UGM . Proses penelitian, pengembangan, serta disseminasi teknologi sederhana pembuatan mikroskop dari webcam terus berlanjut hingga sekarang. Pada bulan September 2010 saya mulai mendisseminasikan teknologi sederhana pembuatan mikroskop webcam melalui beberapa worksop. Sekolah pertama yang saya datangi adalah SMA 1 Imogiri, setelah itu saya mengadakan beberapa workshop di beberapa TK, SD, SMP dan SMA,  hingga sekarang. Tujuan dari workshop tersebut adalah untuk menunjukkan kepada para siswa mengenai prinsip dasar kerja mikroskop, dan untuk mendorong para siswa agar tidak mudah menyerah terhadap keterbatasan fasilitas, bahwasanya selalu ada jalan dalam setiap keterbatasan.

Workshop Pengenalan Mikroskop Webcam (2010-2012)

Workshop Pengenalan Mikroskop Webcam (2010-2012)

Pada pertengahan tahun 2013, saya mengembangkan Desain Mikroskop Webcam dengan stage dari bahan acrylic yang dapat dibuat dengan mudah, murah dan cepat. Proses pemotongan bahan acrylic dilakukan menggunakan jasa laser cut yang telah banyak tersedia di kota Yogyakarta.

MICAM V.02 dan V.03 (2013)

 

Link Eksternal:

http://hackteria.org/wiki/index.php/Laser-cut_microscopy_stages

http://lifepatch.org/Hackteria_-_DIY_Microscope_Webcam

http://akbar.web.ugm.ac.id/?p=17

Tags: , , , ,

Leave a Reply